Managemen Data

Dalam dunia modern ini hampir semua orang menginputkan datanya kesosmed dengan alasan agar mudah ketika mencarinya, namun sebagian orang belum tau bahwa penginputan atau pengumpulan data tersebut perlu adanya managemen data. Nah, managemen data sendiri adalah praktik yang mengatur rangkaian data tersebut agar dapat diakses dengan aman dan teratur.

Menurut NG Data, data management adalah proses administratif untuk memastikan data dapat diandalkan, diakses dengan mudah, dan aktual dari segi waktu.

Pentingnya Data Management

Dilansir dari Tech Target, semakin ke sini, data semakin terlihat nilainya sebagai aset perusahaan yang bisa digunakan untuk berbagai macam hal.Mulai dari membuat keputusan bisnis berdasarkan informasi valid, membuat marketing campaign yang diharap lebih efektif, bahkan sampai mengoptimalkan waktu dan biaya. Rangkaian manfaat tersebut merupakan alasan utama mengapa data management adalah sebuah kewajiban, terutama untuk perusahaan yang setiap harinya harus mengelola ribuan atau bahkan jutaan data. Tanpa pengaturan yang efektif, data bisa jadi tidak valid karena kurang akurat, kualitasnya tidak terlalu bagus, dan masih banyak permasalahan lainnya.

Hal ini akan sangat mengganggu operasional bisnis dan bisa berujung merugikan.

Sistem dan Teknik Pilihan untuk Manajemen Data

Disarikan dari Tech Target dan Oracle, berikut adalah sistem data management yang cukup efektif dan paling sering digunakan.

1. DBMS

Sistem pertama yang bisa digunakan untuk data management adalah database management system, terutama relational DBMS. Pasalnya, sistem ini dapat mengatur data menjadi baris dan kolom berisikan seluruh catatan dalam database.

Selain relational DBMS, ada banyak lagi opsi lainnya yang bisa dipertimbangkan.

2. Integrasi data

Kedua adalah integrasi data, yaitu proses penerimaan berbagai macam tipe data.

Mulai dari pengumpulan informasi sampai pemrosesannya, data-data tersebut akan “diubah” sehingga dapat diakses dengan mudah.

3. Big data management

Dalam big data management, fokus utamanya adalah penyimpanan dan pemrosesan data secara efisien dan aman. Semua ini dilakukan dalam data lakes atau data warehouses. Nah, data warehouse itu sendiri adalah metode yang didasarkan pada relational dan columnar database, menampilkan data dari sistem pengoperasian berbeda tapi terstruktur dan siap untuk dianalisis. Di sisi lain, data lakes adalah “kolam” big data yang digunakan untuk predictive modeling, machine learning, dan pengaplikasian analisis lainnya yang cukup maju.

4. Analisis data

Analisis ditujukan untuk mencari tahu insight atau wawasan baru seputar data. Biasanya, proses ini menggunakan analytics, machine learning, serta visualisasi AI (artificial intellegence) untuk membangun sebuah model. Itu dia penjelasan lengkap seputar apa itu data management dan pentingnya untuk perusahaan. Dapat disimpulkan bahwa data management adalah proses yang wajib dijalankan oleh entah itu bisnis kecil maupun besar.